Pusat Tanggung Jawab
Definisi
Pusat tanggung jawab merupakan organisasi yang dipimpin seorang manajer yang bertanggung jawab terhadap aktivitas-aktivitas yang dilakukan.
Sifat Pusat Tanggung Jawab
Ø Fungsi dari berbagai pusat tanggung jawab dalam perusahaan adalah untuk mengimplementasikan strategi perusahaan.
Ø Karena setiap organisasi merupakan sekumpulan pusat tanggung jawab, maka jika setiap pusat tanggung jawab telah memenuhi tujuannya, maka cita-cita organisasi tersebut juga telah tercapai.
Hubungan antara input dan output
¨ Hubungan antara input dan output bersifat timbal balik dan langsung.
Ex : Departemen Produksi
¨ Akan tetapi dalam situasi yang lain, input tidak secara langsung berkaitan dengan output yang dihasilkan.
Ex : Biaya periklanan
Mengukur Input dan Output
¨ Input adalah Sumber daya yang dipergunakan oleh pusat tanggung jawab. Kebanyakan input yang digunakan oleh pusat tanggung jawab dapat dinyatakan dalam ukuran-ukuran fisik (jam kerja, kwh listrik), satuan kuantitas tersebut kemudian diterjemahkan ke satuan moneter. Jumlah moneter yang dihasilkan dari perhitungan tersebut yang disebut sebagai biaya,
Ex: Sumber daya yang digunakan di dalam sekolah.
¨ Output adalah hasil dari suatu proses. Banyak organisasi tidak berupaya untuk menggukur output dari masing-masing pusat tanggung jawab.
Ex: Menghasilkan siswa yang berkualitas.
Efisiensi dan efektifitas
¤ Konsep input,output, dan biaya bisa digunakan untuk menjelaskan makna dari efisiensi dan efektivitas yang merupakan 2 kriteria dimana kinerja pusat tanggung jawab dapat dinilai.
¤ Efisiensi adalah rasio output terhadap input atau jumlah output per unit input.
¤ Efektivitas ditentukan oleh hubungan antara output yang dihasilkan oleh pusat tanggung jawab dengan tujuan.
¤ Secara ringkas, suatu pusat tanggung jawab akan bersifat efisien jika melakukan sesuatu dengan tepat dan akan bersifat efektif jika melakukan hal-hal yang tepat.
Jenis-jenis pusat tanggung jawab
¨ Ada 4 jenis pusat tanggung jawab :
a. pusat pendapatan
b. pusat beban
c. pusat laba
d. pusat investasi
Pusat pendapatan
q Pusat pendapatan merupakan suatu output (pendapatan) yang diukur secara moneter, akan tetapi tidak ada upaya formal yang dilakukan untuk mengaitkan input (beban atau biaya) dengan output. Pendapatan diukur dan dikendalikan secara terpisah dari biaya.
Pusat Beban
q Pusat Beban adalah pusat tanggung jawab yang inputnya diukur secara moneter, namun outputnya tidak.
q Dua jenis umum dari pusat beban yaitu :
• Pusat Beban Tekhnik
• Pusat Beban Kebijakan
Pusat Beban Kebijakan
¨ Pusat beban kebijakan meliputi unit-unit administratif dan pendukung (seperti akuntansi, hukum, hubungan industrial, hubungan masyarakat, sumber daya manusia) operasi litbang dan hampir semua aktivitas pemasaran. Output dari pusat biaya ini tidak bisa diukur secara moneter.
¨ Pusat kebijakan yang paling umum dibagi menjadi 3:
- Pusat Administratif dan Pendukung
- Pusat Litbang
- Pusat Pemasaran
1. Pusat Administratif dan Pendukung
¨ Pusat administratif meliputi manajemen senior korporat dan manajemen unit bisnis, serta para manajer unit-unit pendukung.
¨ Pusat pendukung merupakan unit-unit yang menyediakan layanan kepada pusat tanggung jawab.
¨ Permasalahan dalam pengendalian pada pusat administratif dan pendukung yaitu:
1. Kesulitan dalam pengukuran Output
2. Tidak adanya keselarasan cita-cita.
¨Penyusunan Anggaran
Komponen yang terdapat dalam penyusunan anggaran antara lain:
- Biaya pokok dari suatu pusat administratif.
- Aktivitas kebijakan dari pusat administratif.
- Semua pengajuan penambahan dalam anggaran diluar inflasi.
2. Pusat Penelitian dan Pengembangan
¨ Permasalahan dalam pengendalian pada pusat LITBANG yaitu kesulitan dalam menghubungkan hasil yang diperoleh dalam input dan tidak adanya keselarasan cita- cita.
v Program LITBANG
Program LITBANG terdiri dari serangkaian program ditambah kelonggaran untuk pekerjaan yang tidak direncanakan.
3. Pusat Pemasaran
Dua jenis aktivitas yang berbeda dalam pusat pemasaran :
v Aktivitas logistik
Aktivitas-aktivitas yang terlibat dalam memindahkan barang dari perusahaan ke pelanggan dan mengumpulkan piutang yang jatuh tempo dari para pelanggannya. Aktivitas-aktivitas ini mencakup transportasi ke pusat distribusi, pergudangan, pengapalan dan pengiriman, pengajuan rekening dan aktivitas yang terkait dengan fungsi kredit dan penagihan piutang.
v Aktivitas pemasaran
Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh pesanan. Aktivitas-aaktivitas ini meliputi uji pemasaran, pembentukan, pelatihan dan pengawasan terhadap tenaga kerja penjualan, periklanan dan promosi penjualan yang seluruhnya memiliki karakteristik yang menimbulkan permasalahan pengendalian manajemen.
Rating: 5
Rating: 5
0 komentar :
Posting Komentar
tinggalkan jejak anda::::